iklan-utama
Selasa, 23 Oktober 2018

Menengok Ajang Tahunan Pekan Batik Nusantara - Kostum Batik Karnival Pekalongan

Menengok Ajang Tahunan Pekan Batik Nusantara - Kostum Batik Karnival Pekalongan 2018

Salah seorang model memperagakan karya desainer Kostum Batik Karnaval. (PBN/2018-Pekalongan)



PEKALONGAN-TODAY.com - Kemeriahan Karnaval Batik yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Pekalongan dalam ajang "Kostum Batik Karnival" yang berlangsung di kota Pekalongan - Jawa Tengah ini, merupakan rangkaian acara kegiatan dari Pekan Batik Nusantara (PBN) 2018.

Sangat menarik antusias warga masyarakat Pekalongan dan sekitarnya untuk turut menyaksikan karnaval ini, Dengan diikuti oleh peserta lomba dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia. Peserta lomba bisa menuangkan kostum batik karya unik mereka, berupa bentuk dan macam ornamen dengan semenarik dan seindah mungkin.

Ribuan warga tumpah ruah sepanjang jalan Diponegoro, mereka menunggu pelaksanaan Karnaval Batik yang diadakan Pemerintah kota Pekalongan, pada Minggu - (21/10).

Dengan mengambil start dari Stadion Hoegeng Pekalongan - dan berakhir finish di Kawasan Wisata Budaya Jetayu kota Pekalongan. Dimeriahkan sebanyak 800 peserta ikut berpartisipasi dalam lomba Kostum Batik Karnaval Pekalongan 2018, Pekalongan Batik Week 2018.

Dengan mengambil tema "Pesona Batik Peranakan" Kostum Batik Karnaval diharapkan bisa menjadikan Batik sebagai tradisi pemersatu bangsa.

Acara ini menjadi ajang adu kreativitas antara para desainer batik dan kostum lokal untuk membuat suatu kostum batik dengan bentuk yang telah mereka kreasikan agar menjadi kostum batik yang indah, unik, dan bernilai sebagai karya seni yang akan mereka peragakan dalam Karnaval Batik tahun ini.

Berbagai kostum karya desainer dari berbagai kota mewarnai sepanjang jalan, berbagai tema seperti burung hingga tumbuhan dituangkan dalam karya yang diperagakan seorang model dalam karnaval tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih yang juga Ketua Pekan Batik Nusantara 2018 mengatakan, "Karnaval ini diikuti oleh 800 orang peserta, terdiri dari penampil kostum dari OPD, SD/MI, SMP, SMA, dan masyarakat umum." jelasnya.

Tampil pula partisipasi dari Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Pekalongan, Karnival Batik juga dimeriahkan oleh kelompok-kelompok seni budaya dan kelompok drumband dari kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan H. M. Saelany Machfudz, S.E, berharap peserta terbaik yang meraih juara berkostum batik karnival, akan mewakili kota Pekalongan dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang akan di gelar di Solo - Jawa Tengah (25/10/2018) mendatang.


Berita Pekalongan - Pekalongan News Today 2018.

Oleh:
© Pekalongan Today - All rights reserved.